Iklan

SMPN 1 Parigi Gelar Sosialisasi Narkoba, Bersama Polres Kabupaten Pangandaran

SR Parigi

Maraknya berita tentang terlibatnya remaja maupun para pelajar dengan obat obatan terlarang, sangatlah berbahaya dalam hal ini penggunaan Narkoba, baik yang sering ditayangkan melalui media televisi maupun media sosial, hal ini sangat memprihatinkan bagi para orang tua maupun guru karena sebagian besar dari mereka adalah para pelajar baik dari SMA, SMP, bahkan siswa SD. Dampak dari Narkoba ini sangatlah mempengaruhi Mental dan Pendidikan bagi para pelajar yang telah diharapkan akan menjadi generasi penerus Bangsa.

Bangsa Indonesia yang besar harus berupaya untuk membebaskan kaum mudanya dari bahaya Narkoba, agar dapat menyambut masa depan yang gemilang. Namun dengan kemajuan Teknologi dan Globalisasi informasi Bangsa ini kini menghadapi tantangan yang besar untuk memerangi penyebaran Narkoba. Hingga kini tidak bisa dicegah, hampir semua Penduduk Dunia dengan mudah mendapat barang haram tersebut dari oknum oknum yang tidak bertanggung jawab. Bahkan ada kabar bahwa berton ton Narkoba telah dimasukkan ke Indonesia melalui Negara lain khususnya di Pangandaran.

Mengingat pentingnya pencegahan penyalahgunaan Narkoba ini dan untuk membentengi para siswa dari pengaruh negatif Narkoba maka pihak SMP Negeri 1 Parigi, bekerjasama dengan Polres Kabupaten Pangandaran, yang pada hari Kamis, tanggal 30 November, tahun 2023, pihak Sekolah menyelenggarakan kegiatan penyuluhan tentang penyalahgunaan Narkoba kepada perwakilan siswa kelas 7, 8, dan 9. Mereka dipilih sebagai sasaran kegiatan ini, karena usia yang baru menginjak dewasa dan secara perkembangan kejiwaan masih sangat labil yang selalu ingin menemukan jati diri. Secara psikologis mereka mempunyai rasa ingin tahu yang besar, senang coba coba, suka ikut-ikutan, rasa Solidaritas group yang kuat dan mudah terpengaruh oleh lingkungan, sehingga para Pemuda ini sangat rawan dan rentan menjadi objek sasaran peredaran Narkoba.

Dalam kegiatan sosialisasi ini Polres Kabupaten Pangandaran menghadirkan AKP Dadang Kasat Narkoba sebagai nara sumber. Materi yang akan disampaikan dalam sosialisasi ini adalah pencegahan, penanggulangan, dan pemberantasan, penyalahgunaan Narkoba meliputi aspek pengertian Narkoba, jenis jenis Narkoba, serta dampak negatif dari Narkoba bagi tubuh Manusia, utama nya dampak bagi otak dan pikiran Manusia. juga menyampaikan ketentuan hukum dan undang undang yang mengatur tentang barang haram ini. Sehingga siswa harus tahu bahwa memiliki, menggunakan, mengedarkan, menyediakan, ataupun mengangkut Narkoba merupakan tindakan yang melanggar Hukum dan undang undang Negara akan dikenakan sangsi yang sangat berat.

Kepada siswa-siswi narasumber memberikan beberapa contoh kejadian nyata di alami oleh beberapa remaja yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba serta hukumannya. Dengan mendapatkan Pengetahuan tentang Narkoba yang cukup, diharapkan siswa-siswi tidak coba coba mendekati apalagi menggunakan Narkoba, karena sekali memakai akan menjadi ketagihan dan akan menyebabkan ketergantungan. Kegiatan ini diakhiri dengan pesan dan kesan dari Noval Muhajir Taufiqurohman S.Pd selaku Wakasek Kesiswaan SMP N 1 Parigi, yang menyampaikan kepada para siswa supaya berhati hati dalam bergaul dan jangan mau, kalau ditawari Narkoba dan dimohon untuk segera melaporkan kepada guru atau kepolisian, ucapnya.

Penulis dan Editor (Tim Sekolah/SR)

Exit mobile version