Perpisahan Solihin di Warnai Dengan Suasana Haru

SR Cimerak

Bertempat di Rumah Makan (RM) Banyu Sagara Grand Canyon, Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, pada hari Rabu, tanggal 22, bulan Desember, tahun 2023, merupakan hari istimewa yang tak bisa dilupakan. Sebab pada hari tersebut seorang Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Kertamukti, yang berada di Korwil Pendidikan Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Solihin S.Pd.SD, telah mengakhiri masa tugasnya sebagai PNS di Lembaga Pendidikan, dalam hal ini telah Purnabakti. Setiap abdi Negara tentunya akan mengalami apa yang disebut Purna Tugas dengan kata lain Pensiun. Begitu pula dengan Solihin yang alhamdulilah telah bertugas selama 32 tahun sebagai guru dan jabatan terakhir sebagai Kepala Sekolah di akhir tahun 2023, merupakan akhir masa tugasnya.

Dengan biaya apa adanya Solihin mengajak semua Kepala Sekolah yang ada di wilayah Korwil Cimerak, sebanyak 33 dari 34 orang untuk hadir di “Rumah Makan Banyu Sagara” dan ini merupakan pertemuan sekaligus perpisahan dirinya yang telah pensiun. Hadir dalam kesempatan ini diantaranya Ketua K3S Sahlan S.Pd.I, Ketua PGRI Cabang Cimerak Agus Hamdani, S.Pd, beserta seluruh Kepala Sekolah, Korwil Pendidikan Cimerak Joko, M.Pd, kebetulan berhalangan hadir karena ada tugas luar yang tidak bisa ditinggalkan. Pada kesempatan tersebut, sambutan singkat dari Ketua K3S sekaligus memberikan cendramata kepada Solihin. Pada kesempatan tersebut pula ada sambutan perpisahan dari Solihin diiringi dengan suasana haru rasa, senang, dan sedih, kita akan kehilangan Kepala Sekolah lagi yang Purnabakti.”Kami sangat kehilangan sosok Solihin, seorang Kepala Sekolah senior yang baik hati”, kata Sahlan.

Solihin merupakan sosok asal Ciparanti, Kecamatan Cimerak ini, merupakan Kepala Sekolah paling Senior dan selalu siap dan semangat dalam berbakti khususnya di dunia Pendidikan. Dia juga beristrikan seorang guru yang juga aktif di beberapa organisasi kemasyarakatan dan keagamaan. Sosok Solihin merupakan seorang yang jujur, konsisten, dan terbuka ini ketika jadi guru, Solihin pun selalu aktif dan selalu membawa Sekolah nya diberbagai kejuaraan diantaranya juara Pramuka, Olahraga, dan seni. Hal ini patut dijadikan contoh bagi Kepala Sekolah lain, juga untuk para guru bagaimana caranya menjadi seorang guru efektif untuk memajukan Pendidikan.”orangnya jujur, selalu rapih dan baik hati”,kata Jajang Mulyadi seorang Kepala Sekolah yang rumahnya berdekatan dengan rumah Solihin.

Pertemuan berakhir pada pukul 11.30 wib dan sebagai penutup perpisahan ini dilaksanakan muasafah bersalam-salaman sebagai tanda perpisahan dengan isak tangis dari para Kepala Sekolah, seolah olah hal ini sangat berat ditinggalkan oleh Senior nya. Bercengkrama antara sesama Kepala Sekolah dalam lingkup yang sama di wilayah Korwil Pendidikan Cimerak dengan seorang rekan yang akan memasuki masa Purnabakti, sangatlah berkesan. Semoga Solihin dalam masa pensiunnya selalu sehat, panjang usia, dan selalu berbaur dengan Masyarakat, secara kompak dan tentu memasuki masa-masa tua lebih meningkatkan ketaqwaan kepada Yang Maha Kuasa. Selamat Purna Bakti Solihin, doa kami selalu menyertaimu dan kami yang masih bertugas agar senantiasa tetap sehat dan semangat demi mencerdaskan anak Bangsa, aminn. Penulis dan Editor (Rasimun/SR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *