Sambut Libur Panjang dan Pergantian Tahun di 2024, Dinas Pariwisata Lakukan Koordinasi 

|SR|Ciamis|

           Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, melaksanakan rapat koordinasi guna membahas kesiapan menyambut libur panjang dan pergantian tahun di 2024, rapat ini bertempat di ruangan Bidang Destinasi, pada hari Senin, tanggal 18, Desember, tahun 2023. Rapat ini juga sekaligus menjalin Sinergitas dan menyatukan persepsi di setiap pelayanan untuk menghadapi liburan panjang dan pergantian tahun.

         Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Kepala Dinas, Sekretaris, para Kepala Bidang dan para pegawainya. Selain itu, rapat Koordinasi ini juga dihadiri oleh Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BP2D) Kabupaten Ciamis yang merupakan mitra kerja Dinas Pariwisata.

         Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, Budi Kurnia S.Ag, MM menuturkan bahwa rapat Koordinasi ini perlu dilakukan, dikarenakan hal ini mengingat liburan dan pergantian tahun yang biasanya selalu terjadi peningkatan jumlah para wisatawan domestik maupun Mancanegara di Kabupaten Ciamis, sehingga dipandang perlu oleh Dinas Pariwisata, untuk bisa menyikapi momen ini dengan baik.

         “Salah satu indikator pertumbuhan Pariwisata di suatu Daerah bisa diukur dari keramaian yang terjadi setiap tahunnya. Kita ingin mempunyai data yang optimal berkaitan dengan kunjungan wisatawan di momen liburan panjang dan pergantian tahun ini, sehingga bisa menjadi tolak ukur bagi Provinsi Jawa Barat, apakah di Kabupaten Ciamis bisa termasuk Daerah yang perlu dibangun Pariwisata nya” ujar Budi.

        Budi juga akan menyiapkan tim monitoring di Obyek wisata ( Obwis ) dalam menghadapi momen liburan panjang dan pergantian tahun. Selain itu, Dinas Pariwisata juga sudah mengirimkan surat himbauan kepada setiap pengelola Obyek wisata agar bisa menyikapi momen liburan panjang ini dengan mempersiapkan Obyek wisatanya sebaik mungkin.

          Di samping itu, Ketua BP2D Kabupaten Ciamis, Endang Haris Juandana, MM juga mendukung rencana Dinas Pariwisata dalam menyambut momen liburan panjang dan pergantian tahun ini. Menurutnya, sebagai insan Pariwisata tentunya harus menyikapi momen ini dengan sebaik mungkin agar terus melakukan promosi kepariwisataan, sehingga bisa menarik minat wisatawan lebih banyak lagi.

        “Kami BP2D mewajibkan diri untuk selalu mengupdate, memposting maupun menceritakan tentang kepariwisataan melalui media sosial. Cara ini juga merupakan cara yang paling mudah, murah dan efektif. Hal ini kami lakukan semata-mata hanya untuk menarik atensi para calon wisatawan agar bisa berkunjung ke Kabupaten Ciamis” tutur Endang.

         Selain membahas kesiapan menyambut liburan panjang ini, rapat Koordinasi tersebut juga membahas terkait rencana perubahan tikcketing di Obyek wisata yang dikelola oleh Pemerintah dan penyusunan rancangan Perbup tentang Retribusi. Selain itu, rapat ini juga membahas Realisasi PAD (Pendapatan Asli Daerah) tahun 2023, insya Allah target PAD pada  tahun 2024, rencana akan di program dan evaluasi kembali terkait rencana kerja di tahun 2024 nanti.

      Penulis dan Editor (Ajat Sudarjat/SR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *