PGRI Cabang Langkaplancar, Gelar Workshop IKM Perdana 

SR Langkaplancar

        Bertempat di SMA Negeri 1 Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran Jawa Barat. PGRI Cabang Kecamatan Langkaplancar yang bekerjasama dengan penerbit Yrama Widya mengadakan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), yang akan diterapkan pada tahun ajaran baru 2023/2024. Kesiapan Sekolah dalam mengimplementasi Kurikulum yang mempengaruhi arah Pendidikan. Kurikulum Merdeka ini telah tertuang dalam Kepmendikbudristek No. 56/M/2022 yang berorientasi pada minat dan potensi murid. Rangkaian Kurikulum yang berubah membuat guru sebagai penyelenggara Kurikulum harus segera membenahi Pengetahuannya agar nanti ketika di tahun ajaran baru seluruh perangkat Sekolah telah siap, untuk mengimplementasi Kurikulum Merdeka tersebut.

        Kegiatan workshop yang digelar tanggal 4 sampai 5 Mei, secara tatap muka, sedangkan pada tanggal 6 Mei tahun 2023, dilaksanakan secara Daring dan Penugasan, yang diikuti sebanyak 150 guru, berasal dari jenjang SD 92 orang, SMP 34, dan dari SMA sebanyak 24 guru, sebagai pemateri Dr. Idi Juhadi, M.Si, dan Dr. Khaerudin, M.Si. dari Bandung, Dr. Nana, M.Pd. dari Unsil, dan Dr. Ida Nuaraida, M.Pd. dari Unigal. Pembukaan workshop oleh Darso, S.Pd, M.Pd, yang merupakan Kepala Bidang Pembinaan SD di DisdikPora Kabupaten Pangandaran. Ketua PGRI Cabang Langkaplancar Jana Hendriana, S.Pd, M.Pd, juga menyampaikan laporan dari panitia dan sedikit menjelaskan bahwa esensi dari Kurikulum Merdeka bukan hanya kecakapan siswa dalam materi ajar. Namun diharapkan memiliki kemampuan, selain intrakurikuler, Kurikulum Merdeka juga menekankan kemampuan murid dalam membuat suatu proyek dalam ranah Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

        Di kesempatan yang sama Kepala SMA Negeri 1 Langkaplancar, Sulastri Herdiani S.Pd, M.Pd, mengungkapkan atas kegembiraan dan selamat datang para peserta workshop, mudah mudahan Allah Subhana Wataalla memberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi guru guna menghadapi Kurikulum baru bagi peserta didik. Semoga pelaksanaan kegiatan selama dua hari ini dapat  bermanfaat, yang dihadiri oleh seluruh guru Se-Kecamatan Langkaplancar, acara selanjutnya sambutan dari Ketua PGRI Kabupaten yang disampaikan oleh Wakil Ketua II Endang Suherman.

        Alhamdulillah kegiatan ini berlangsung dengan lancar, PGRI Kabupaten Pangandaran, sangat mengapresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh PGRI Cabang Langkaplancar, yang telah menginisiasi kegiatan workshop ini tanpa harus memungut iuran lagi dari para anggota, alhamdulilah dan ini merupakan workshop yang pertama di Kabupaten Pangandaran. Juga diharapkan untuk kedepannya ada lagi kegiatan workshop yang diinisiasi oleh setiap Cabang PGRI, dengan materi yang lain sesuai dengan kebutuhan para guru gurunya khusus di Langkaplancar.

     Penulis (SR02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *