Upacara Adat Tradisi Budaya Nyekar Mapag Romadhon di Situs Sanghiyang Balaniksa Kawasen

suryarengganisnews.com

       Upacara adat tradisi budaya Nyekar Mapag Romadhon di Situs Sanghiang Balaniksa Kawasen, yang mana pelaksanaan upacara adat tersebut diselenggarakan diwilayah Dusun Cikawung, Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pada hari Selasa tanggal 14 Maret tahun 2023.

       Kegiatan Nyekar tersebut yang mana telah dihadiri dari berbagai elemen, baik itu antusias dari Masyarakat maupun dari Lembaga Pemerintah. Turut hadir diantaranya Disbudpora Kabupaten Ciamis, beserta dengan rombonganya diantaranya Kabid Budaya, Muharam Azazuli, Kasi Budaya dan Permesiuman, Sodikin serta dari Kasie Sejarah Nilai Budaya, Nunik Sugiani, hadir juga yang lainya seperti Kepala Desa, Ketua Pokdarwis, Tokoh Ulama, dan Masyarakat, ikut serta juga dari Panglawungan Galuh Kiwari yang mana merupakan sebagai salah satu mitra Komunitas Kesundaan yang ada diwilayah Tatar Galuh Ciamis.

       Dalam sambutanya Kabid Kebudayaan, Muharam Azazuli juga menyampaikan dengan ucapan terima kasih serta apresiasinya terutama khususnya. Kepada seluruh warga Masyarakat dan Lembaga Pemerintahan Desa  Bojongmengger yang mana telah ikut serta membantu dan mewujudkan di dalam melestarikan Budaya Tradisi Nyekar dalam rangka Mapag Bulan Suci Romadhon yang penuh dengan Berkah dan Rahmat ini.

        Kepala Desa Bojongmengger Eman Sulaeman, dalam kesempatanya ini juga mengatakan bahwa upacara adat Nyekar ini merupakan prosesi yang dilaksanakan khususnya oleh Masyarakat Desa Bojongmengger  dalam rangka Mapag Bulan Suci Romadhon, serangkaian dari kegiatan inti adat Nyekar ini adalah do’a bersama diarea Maqam Sanghyang Permana Banaliksa, yang mana menurut Persi di Masyarakat terdahulu, bahwa Beliau merupakan seorang Raja  Kawasen pertama pada abad ke 15. Serta berharap sebagaimana yang dianjurkan oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis diantaranya Kelestarian cagar budaya dan tradisi, terutama kedepanya yang akan menjadi bahan ilmu Pengetahuan di Masyarakat.

      Alhamdulillah adapun dari serangkain acara Nyekar tersebut dapat dilaksanakan dengan baik,  diantaranya tertib, aman dan lancar hal itu yang ikut serta dan dipandu oleh Babinsa dan Babinkamtibmas setempat.

       Penulis (Adi S/SR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *