Mapag Bulan Suci Romadhon Adat Kawargian Karang Kamulyan, Gelar Ngikis di Situs Karang Kamulyan Ciung Wanara

suryarengganisnews. com

      Mapag Bulan Suci Romadhon adat Kawargian Karang Kamulyan yang menggelar Ngikis di Situs Karang Kamulyan Ciung Wanara, yang berada di Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pada hari Kamis tanggal 16 Maret tahun 2023, pelaksanaan rutin tahunan acara tersebut digelar.

      Dalam acara tersebut yang mana juga dihadiri diantaranya dari berbagai Lembaga, dan Intansi diantaranya dari Staf Pemerintah  Daerah Kabupaten Ciamis yang disertai dengan seluruh elemen Masyarakat. Juga hadir dari Dinas terkait diantaranya dari Disbudpora, Dinas Parawisata Kabupaten Ciamis, serta perwakilan dari Kecamatan Cijeungjing, Koramil 1303, Polsek Cijeungjing dan para Kepala Desa, juga diikuti oleh seluruh mitra Kesundaan khususnya yang ada di Wilayah Tatar Galuh Ciamis diantaranya dari Komunitas Panglawungan Galuh Kiwari beserta yang lainya.

       Sementara itu 1inti dari pada tradisi Ngikis tersebut diantaranya selain melaksanakan do’a bersama, yang mana juga dilakukan dengan tradisi lainya, diantaranya itu menurut tradisi dengan cara pengisian air Kuluwung secara bergantian, yang mana tradisi budaya Ngikis ini juga selain kramat juga merupakan sebagai agenda tahunan rutin yang digelar ketika menjelang datangnya Bulan Suci Romadhon.

      Kabid Kebudayaan Disbudpora Kabupaten Ciamis, Muharam A Zazuli, ketika dikonfirmasi oleh koresponden Surya Rengganis,  mengatakan dan mengucapkan terima kasih serta apresiasi kegiatan tersebut kepada seluruh penggiat budaya yang mana telah melaksanakan tradisi budaya Ngikis di Situs Karangkamulyan Ciung Wanara ini, diantaranya pertama yang mana selain merupakan ajang silaturahmi juga dalam rangka melestarikan tradisi budaya baik itu yang ada di  Karangkamulyan maupun khususnya juga yang ada di Wilayah Tatar Galuh Ciamis.

       kemudian dari serangkaian acara tersebut dilanjutkan lagi, kegiatan yang dihiasi dengan budaya daerah yakni khususnya untuk budaya seni Pancak Silat dan buka tumpeng bersama. Adapun dari seluruh acara yang mana itu, alhamdulilah dapat dilaksanakan dengan baik tertib, aman, dan lancar, ucapnya.

      Penulis (Adi S/SR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *