KKG PJOK Padaherang, Gelar Lomba Olahraga Tradisional

suryarengganisnews.com

        Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran. Menggelar lomba olahraga tradisional jenjang Sekolah Dasar tingkat Kecamatan, acara ini digelar pada hari Senin tanggal 6 Maret tahun 2023. Pertandingan olahraga tradisional ini dilaksanakan di dua tempat di lapang olahraga Desa Maruyungsari, dan di Sekolah Dasar Negeri 4 Maruyungsari, alhamdulilah para pengawas Sekolah juga turut hadir.

        Ketua KKG PJOK Kecamatan Padaherang, Ujang Yudis mengatakan bahwa lomba olahraga tradisional ini dibuka langsung oleh Kordinator Wilayah Disdikpora Kecamatan Padaherang, Endang Mulyono, yang juga dihadiri oleh seluruh para Kepala Sekolah Dasar Kecamatan Padaherang, yang berjumlah 44 Sekolah Dasar, dan yang mengikut sertakan sebanyak 354 siswa siswi perwakilan dari setiap SD di Kecamatan Padaherang, hadir juga guru PJOK sebanyak 40 orang termasuk panitia pelaksana, alhamdulilah pertandingan ini berlangsung sangat meriah, juga tertib, aman, dan lancar.

        Lomba olahraga tradisional kali ini dikhususkan untuk ditingkat Kecamatan, karena memang ini merupakan program KKG PJOK setiap tahun. Para pengurus juga sudah lama membuat program ini, semoga para siswa siswi yang berhasil meraih prestasi dapat meningkatkan dan mempertahankan prestasi tersebut pada ajang Ortrad selanjutnya yakni pada jenjang Sekolah Dasar tingkat Kabupaten Pangandaran nanti,” kata Ujang Yudis yang juga merupakan guru PJOK di SDN 2 Padaherang.

        Menurut Ujang, olahraga tradisional ini merupakan perwujudan pembelajaran. Artinya informasi pembelajaran di kelas itu akan diimplementasikan dalam bentuk lomba. Selain itu, olahraga ini juga bertujuan untuk menumbuh kembangkan bibit bibit atlet olahraga tradisional yang baru dan berbakat tentunya, sebab Kabupaten Pangandaran, alhamdulilah sudah pernah beberapa kali mewakili Ortrad di tingkat Provinsi Jawa Barat dan juga pernah menjadi tuan rumah Olahraga tradisional ini.

       Ujang juga menjelaskan, olahraga tradisional yang diperlombakan antara lain Dagongan, Sumpitan Putra/Putri, Egrang, Hadang, Terompah Panjang, Baren, dan Boy boyan, sedangkan pemenang lomba akan mendapatkan hadiah berupa piala, piagam, dan juga uang pembinaan dari panitia.”Saat ini kita gelar khusus SD tingkat Kecamatan,  mudah-mudahan tim dari Kecamatan Padaherang dapat melaksanakan dan meraih prestasi ditingkat Kabupaten nantinya,” maka dari itu, Ujang berharap ajang ini mudah mudahan menjadi penyemangat dan motivasi bagi para pecinta olahraga tradisional untuk lebih maju lagi mengasah bakatnya sehingga dapat meningkatkan prestasi demi prestasi, ucapnya.

     Penulis (SR02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *