MKKS SLB Gelar FLS2N Pendidikan Khusus, Tingkat Kabupaten

SR Pangandaran

      Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SLB (Sekolah Luar Biasa) siswa berkebutuhan khusus Kabupaten Pangandaran Jawa Barat, H. Riyana Akbar, S.Pd, M.Pd, juga turut hadir pada saat acara ini dan langsung membuka kegiatan FLS2N ( Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional) Pendidikan Khusus tingkat Kabupaten Pangandaran, diikuti oleh siswa atau Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dari 5 SLB Negeri maupun Swasta, acara ini digelar pada hari Rabu (20/7/2022), bertempat di aula Sekolah Luar Biasa Darma Putra Kalipucang menampilkan 7 mata lomba. 

      Acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan kreativitas ABK, sekaligus merupakan bentuk dari pengembangan ide dan kreativitas para siswa yang berbakat di bidang seni, karena bakat yang dimiliki oleh para ABK sangat perlu diperhatikan, meskipun serba kekurangan namun sebagai penyelenggara Pendidikan ABK pihak Sekolah akan harus terus mendukung serta mewujudkan impian tersebut demi peningkatkan potensi dan bakat yang dimiliki oleh para Anak Berkebutuhan khusus.

      H Riyana juga mengatakan, banyak potensi keterampilan maupun keahlian tanpa disadari yang dimiliki oleh para peserta didik tersebut, meskipun dalam kondisi yang serba kekurangan, namun potensi dan bakat yang dimiliki sama halnya dengan anak anak pada umumnya, para peserta berkebutuhan khusus ini potensinya sama harus digali dan diwujudkan bakatnya, melalui kegiatan inilah “Pengembangan dan penyaluran bakat khususnya di bidang seni dapat diwujudkan demi meningkatkan potensi dan bakat agar daya saing siswa dapat terwujud.

      Karena itu, lanjut H Riyana dengan adanya Pusat Prestasi Nasional dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ini, pihak Sekolah dapat melakukan berbagai upaya dalam rangka pengembangan bakat dan minat peserta didik berkebutuhan khusus dalam bidang seni.“Untuk itu, penyelenggaraan FL2SN Diksus merupakan wadah untuk menggali dan mewujudkan potensi peserta didik berkebutuhan khusus dengan pelaksanaan secara berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten, Kota, maupun cabang Dinas hingga tingkat Nasional, acara ini diikuti oleh 5 Sekolah, diantaranya, SLB Darma Putra Kalipucang, SLB Bina Harapan Pangandaran, SLB Negeri Widi Asih Parigi, SLB YPK Cijulang, dan SLB Saasih Cigugur.

      Berikut Daftar Juara Lomba FLS2N Pendidikan Khusus tahun 2022 :

1. Lomba Cipta Baca Puisi Juara 1 diraih oleh Melani Stevani dari SLBN Widi Asih Parigi, Juara 2 diraih oleh Putri Ananda dari SLB Darma Putra Kalipucang.

2. Lomba Cipta Komik Strip Juara 1 diraih oleh Rita Rosita dari SLBN Widi Asih, Juara 2 diraih oleh Wahyu Mulyadi dari SLB Darma Putra Kalipucang.

3. Lomba Menyanyi Juara 1 diraih oleh Krisna Aji dari SLB BC Bina Harapan Pangandaran, Juara 2 diraih oleh Elsa Anjani dari SLBN Widi Asih Parigi, Juara 3 diraih oleh M. Fehrizal dari SLB Darma Putra Kalipucang.

4. Lomba Melukis Juara 1 diraih oleh Rigan Anandya Agachi dari SLB Darma Putra Kalipucang, Juara 2 diraih oleh Rizka Aprillya dari SLBN Widi Asih, Juara 3 diraih oleh Melita Wulandari dari SLB BC Bina Harapan Pangandaran.

5. Lomba Desain Grafis Juara 1 diraih oleh Egy Hanafi dari SLBN Widi Asih Parigi, Juara 2 diraih oleh Saeful Dwi dar SLB Darma Putra Kalipucang.

6. Lomba Pantomim Juara 1 diraih oleh Agus Diana dari SLB Darma Putra Kalipucang, Juara 2 diraih oleh Ani Rohmawati dari SLBN Widi Asih, Juara 3 diraih oleh Fadil Aziz Muttaqin dari SLB YPK Cijulang.

7. Lomba MTQ Juara 1 diraih oleh Cahdi Kuswandi dari SLB Darma Putra Kalipucang, Juara 2 diraih oleh Elih Hermanah dari SLB BC Bina Harapan, Juara 3 diraih oleh Rahmat Nurhidayat dari SLB Saasih Cigugur.

      Penulis (SR02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.