Monitoring PMK Hewan Qurban Jelang Idul Adha

SR Cimerak

       Menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1443 H. Muspika Kecamatan Cimerak menggelar tim monitoring dan Verifikasi PMK hewan qurban, tim ini berasal dari para perwakilan Muspika Kecamatan Cimerak beserta Dinas terkait yang dipimpin atau diwakili langsung oleh Sekertaris Camat Cimerak, Babinsa, Babinkamtibmas, dan Pemerintah Desa Sindangsari, pada tanggal (04-07-2022) hari Senin melakukan Monitoring dan Verifikasi lapangan terhadap hewan qurban yang ada di Dusun Kuta menjelang perayaan Idul Adha untuk memastikan kesehatan hewan kurban tersebut terbebas dari PMK.

       Kegiatan Monitoring dan Verifikasi lapangan ini bertujuan untuk menjamin kondisi hewan qurban tersebut agar baik dan sehat saat disembelih dalam menyambut perayaan Idul Adha nanti, melalui Pj Kepala Desa Sindangsari Nana Suhena membenarkan kegiatan Monitoring dan Verifikasi lapangan terhadap hewan qurban tersebut, hal ini dibuktikan saat berkunjung bersama dengan unsur Muspika dari Kecamatan Cimerak ke peternakan sapi di Dusun Kuta bahwa hewan qurban tersebut mudah mudahan saat pelaksanaan qurban nanti telah bersih dari Penyakit Mulut dan Kuku, dengan demikian saat penyembelihan nanti daging qurban tersebut sangat aman dikonsumsi oleh masyarakat penerima daging qurban setelah Idul Adha.

       Kunjungan Monitoring dan Verifikasi lapangan yang berlokasi di Dusun Kuta ini, disambut baik oleh para peternak sapi di Dusun tersebut. Dalam kesempatan ini para perwakilan dari Muspika Kecamatan Cimerak tersebut sangat bersyukur saat meninjau kondisi kesehatan hewan qurban tersebut, Alhamdulillah sangat aman dari virus, sehingga setelah selesai Monitoring dan Verifikasi hewan qurban tersebut, akan ada tindak lanjut dari Dinas terkait yakni Dinas Peternakan dan Pertanian Kabupaten Pangandaran, dan hewan qurban tersebut juga harus di Vaksin sebelum perayaan Idul Adha tepatnya hari Senin tanggal (11-07-2022) sesuai aturan Pemerintah Daerah, yang sekaligus cepat tanggap, untuk antisipasi dalam penanganan PMK.

      Tim yang mewakili para Muspika Kecamatan Cimerak ini, salah satunya adalah Sekertaris Camat Tedy, mengatakan kepada koresponden Surya Rengganis bahwa Monitoring dan Verifikasi lapangan terhadap hewan qurban sudah dilakukan, peninjauan langsung dituju ke peternakan sapi untuk perayaan qurban nanti. Hal ini bertujuan untuk memantau kesehatan hewan qurban 1.agar hewan tersebut tidak terkena PMK.

2. Mendata hewan yang kena PMK

3. Persiapan untuk Vaksin hewan

4. Menyampaikan penanggulangan pertama secara manual.

5. Pencegahan penyebaran Penyakit Kuku dan Mulut, serta

6. Menyampaikan hasil Monev kepada Dinas terkait yaitu Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pangandaran, agar dapat mewujudkan hewan qurban yang sehat saat perayaan Idul Adha kelak, ucapnya.

      Penulis (SR02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.