Disdikpora Pangandaran Gelar Kompetisi Olahraga Tradisional Tingkat Pelajar


SR Pangandaran
        Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Pangandaran Jawa Barat melalui Bidang Pemuda dan Olahraga ( BidPora ), telah menggelar kompetisi Olahraga Tradisional (Ortrad) dengan Tujuh (7) mata lomba diantaranya Egrang, Tarumpah, Hadang, Dagongan, Sumpitan, Baren, dan Boyboyan, kompetensi ini diikuti oleh 342 atlit yang berasal dari para pelajar Sekolah Dasar (SD) Negeri maupun Swasta Se-Kabupaten Pangandaran, yang bertempat di Alun alun Paamprokan Pamugaran Pantai Barat Pangandaran, pada hari Selasa tanggal (22/03/2022).


        Kegiatan tersebut juga mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Desa, didukung juga oleh Kordinator Wilayah Disdikpora Se-Kabupaten Pangandaran, K3S, serta dari Ikatan Guru Olahraga dan masyarakat sekitar yang menyaksikan kompetensi tersebut. Ketua panitia pelaksana kompetisi olahraga tradisional, Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Agus Nurdiana, M.Pd menyampaikan bahwa setiap Sekolah yang mewakili di kegiatan Ortrad ini masing-masing mengirimkan 37 siswa ada yang dari satu regu atau tim sesuai dengan mata lomba yang diikuti, total jumlah dari Sekolah yang mengikuti kompetisi ini sebanyak 342 atlit yang berasal dari SD Se-Kabupaten Pangandaran.


        Seiring dengan perkembangan waktu meskipun tempat pelaksanaan selalu berbeda pada tahun yang lalu, kegiatan Ortrad ini tetap rutin dilaksanakan setiap tahunnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran melalui DisdikPora selalu mengapresiasi animo para pelajar, baik ditingkat SD maupun ditingkat yang tinggi, dengan kepedulian terhadap olahraga tradisional, insya Alloh olahraga tradisional turun temurun ini dapat dilestarikan, begitu juga atas dorongan dari para gurunya sehingga para siswa pun dapat lebih memahami olahraga tersebut, ditunjang dengan memiliki kemampuan tersendiri.
       Kompetisi Ortrad (Olahraga tradisional) ini juga nantinya para siswa yang berprestasi akan dipertandingkan pada tingkat Provinsi Jawa Barat dibulan Agustus tahun 2022 mudah mudahan tidak ada perubahan, berikut daftar nama-nama per wilayah yang berprestasi di Kompetisi Ortrad tahun 2022 diantaranya mata lomba A.Egrang juara 1 diraih oleh Kecamatan Kalipucang. B.Tarumpah Panjang juara 1 diraih oleh Kecamatan Cijulang. C.Hadang juara 1 diraih oleh Kecamatan Padaherang. D. Dagongan juara 1 diraih oleh Kecamatan Cimerak. E.Sumpitan Putra juara 1 diraih oleh Kecamatan Cijulang, Sumpitan Putri diraih oleh Kecamatan Parigi. F. Eksebisi Baren juara 1 diraih oleh Kecamatan Langkaplancar, dan G. Eksebisi Boy Boyan juara 1 diraih oleh Kecamatan Cijulang.

      Penulis (SR02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.