SMPN 2 Padaherang

Kwaran Cimerak Adakan Orientasi Mabigus

  • Bagikan


SR Pangandaran      

 Kegiatan ini bertempat di MtS Negeri 2 Pangandaran yang terletak di jalan Raya – Cimerak Kabupaten Pangandaran Jawa Barat, Kwartir Ranting (Kwaran) Pramuka Kecamatan Cimerak menggelar Orientasi Majlis Pembimbing Gugus (Mabigus) Depan. Yang dilaksanakan pada hari, Kamis 11 Nopember 2021 seusai kegiatan belajar di sekolah. Tujuan kegiatan orientasi ini adalah mengaktifkan kembali Pramuka di masing-masing Sekolah setelah masa Pandemi. Meskipun masih dalam suasana Covid-19 namun Prokes tetap diperlakukan, kegiatan ini juga menghadirkan para Mabigus dari Pangkalan Sekolah diantaranya SD, SLTP, MtS juga MA. Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya dan sambutan dari Ka Kwarcab Kak Afif melalui Virtual, namun tetap hikmat dan tetap semangat.      

 Hadir juga dalam kegiatan tersebut diantaranya, 3 Pemateri dari Kwarcab Kabupaten Pangandaran yaitu Kak Dodi Jubardi, Kak Usef, dan Kak Muflihin. Sambutan pertama sekaligus membuka acara tersebut oleh Kak Suhman yang merupakan Ketua Kwaran Cimerak. Dalam sambutannya menjelaskan dan melaporkan anggota yang hadir adalah dari Mabigus yang merupakan para Kepala Sekolah dari seluruh Kwaran Cimerak juga para pengurus Pramuka dari siswa SLTA.”Setelah vakum sekitar 2 tahun karena covid, Alhamdullilah sekarang kegiatan Pramuka sudah dapat dilaksanakan kembali, tentu saja Prokes masih harus tetap di taati”,katanya. Meskipun kini Kabupaten Pangandaran atas partisifasi semua masyarakat nya maka Pandemi sudah turun ke level 1 jadi kegiatan apapun di dunia Pendidikan hususnya yang positif dapat dilakukan, tapi tetap Protokol kesehatan harus ditaati sampai Pandemi benar-benar lenyap dari Indonesia, khususnya di wilayah Kabupaten Pangandaran.

     

Pemateri pertama dari Kak Dodi tentang Fungsi dan Peranan Mabigus di Pangkalan masing-masing.”Sebagai Mabigus harus dapat Membimbing, Mengarahkan kegiatan kepramukaan di Pangkalan masing-masing dengan baik dan benar”,katanya. Karna Mabigus merupakan ujung tombak kesuksesan kepramukaan yang dilakukan di sekolah masing-masing.Sebagai Majlis Pembimbing Gugus harus pandai juga, memilih kegiatan mana yang positif di bidang kepramukaan yang tidak mengandung resiko bahaya baik fsikis maupun fisik. Apalagi saat ini kegiatan Pramuka termasuk pada exstra kulikuler yang wajib harus diterapkan di sekolah. Kak Dodi yang juga sebagai Kabid Dikdas ini, sangat piawi juga dalam lagu-lagu pramuka sehingga para peserta tidak jenuh.”Saya jadi teringat masa-masa latihan pramuka di sekolah duhulu, sungguh menyenangkan,’kata Jajang Mulyadi kak Mabigus dari SDN 2 Sindangsari.    

   Pemateri ke dua langsung dari kakak yang serba bisa ini yaitu Kak Usef, yang selalu berpenampilan rapi dan aktif ini di berbagai bidang Pendidikan juga sangat menyenangkan dalam pemberian materi, materi yang diberikan tentang dasar hukum kepramukaan. Pramuka diatur dalam sebuah Undang-Undang No.12 tahun 2010. Menurut Kak Usef bahwa Pramuka di pangkalan masing-masing akan dilakukan Akreditasi tentang  kepramukaannya. Akreditasi tersebut akan dilakukan mulai tahun 2022, dan akan menentukan nilai akreditasi kelengkapan dan sebagainya, seputar kepramukaan dipangkalan masing-masing, baik dari tingkat SD, SLP maupun SLTA.”Kegiatan Pramuka harus membuat senang para siswa dan tetap semangat dalam melakukannya,”kata Kak Usef.
       

Pemateri ketiga adalah Kak Muflihin yang menjelaskan tentang keberadaan Gugus Depan.Gugus ini merupakan wadah kepramukaan yang ada di Pangkalan Sekolah serta peran Mabigus juga sangat menentukan. Karena Mabigus diibaratkan seorang sopir kendaraan yang akan membawa ke mana kendaraan itu menuju tujuan dan membawa penumpangnya dengan selamat, kegiatan Orientasi Mabigus selesai dan ditutup oleh Ka Kwaran Cimerak. Semua peserta merasa bangga dan senang bahwa kepramukaan bisa diaktifkan kembali, Walaupun lelah, cape karena dari sekolah langsung hadir di kegiatan Orientasi ini tapi semua merasa senang. Hasil dari kegiatan ini akan diterapkan langsung disetiap pangkalan masing masing. Semua bertekad bahwa kegiatan kepramukaan di kabupaten Pangandaran harus semakin Maju dan Berjaya.  

   Penulis (Rasimun/Tim SR)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *