SMPN 2 Padaherang

Disdikpora Serahkan SK Kepala Sekolah

  • Bagikan


SR Pangandaran    

   DisdikPora akan menyerahkan SK Penempatan yang berlangsung di aula Disdikpora Kabupaten Pangandaran Jawa Barat, Selasa 02 Nopember 2021, sebanyak 351 SK akan diserahkan, kepada para Kepala sekolah baik SLTP maupun SD yang telah dilantik, ratusan Kepala Sekolah baik yang Promosi maupun Rotasi menghadiri dalam acara yang berbahagia tersebut. Khusus untuk Kepala SD karena pesertanya banyak maka dibagi menjadi dua sesi, diantaranya Kecamatan Mangunjaya, Padaherang, Kalipucang, Pangandaran, dan Sidamulih di sesi pertama yaitu pukul 08.00 sampai selesai, untuk Kecamatan Parigi, Cijulang, Langkaplancar, Cigugur, dan Cimerak masuk sesi kedua yaitu mulai pukul 13.00 sampai selesai. Alhamdulillah acara berlangsung dengan tertib, aman dan lancar.      

 Pada acara tersebut Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Kabupaten Pangandaran DR.H.Agus Nurdin, Kabid Ketenagakerjaan DR.Raden Iyus, dan Kasubag Kepegawaian Nia. Pada Sambutan singkatnya Plt Ka DisdikPora ini menyoroti tentang peranan Kepala Sekolah, bahwa setiap Kepala Sekolah harus sigap siap tanggap, dan cerdas cepat dalam menggambil sebuah keputusan demi pendidikan tetap berlangsung lancar.”Jangan ragu-ragu dalam mengambil sebuah keputusan asalkan bermanfaat untuk anak didik, tidak akan merugikan keuangan negara, serta tidak melanggar norma, maka laksanakan saja keputusan tersebut”, begitu katanya.


     

H Agus Nurdin juga menyoroti tentang pemeliharaan Sekolah, kedisiplinan dalam bertugas serta loyalitas bagi kepemimpinan. Sebuah tugas tambahan jabatan sebagai Kepala Sekolah ini adalah merupakan jabatan yang amanah dari rakyat yang harus dilaksanakan dengan jujur dan penuh tanggungjawab. Disdikpora selaku yang menaungi Sekolah-sekolah yang juga mengurusi ratusan SK wajib menyampaikan hal-hal yang menjadi sorotan, sebanyak 258 SK Kepala SD, 56 SK Kepala SMP Negeri dan 37 SK Kepala Sekolah Swasta, seorang Kepala Sekolah harus benar-benar memiliki semangat dan dedikasi yang baik demi kemajuan Pendidikan khususnya Sekolah di Kabupaten Pangandaran.  

    DR.Iyus juga memberikan sambutan seputar kinerja para kepala Sekolah diantaranya bahwa seorang Kepala Sekolah harus dapat menjadi contoh tauladan, serta menjadi idola yang positif baik oleh guru, siswa maupun orang tua/masyarakat. Semua itu akan lancar apabila ada kerja sama yang solid secara positif antara Kepala Sekolah, guru, siswa, dan Komite.”Usahakan kita datangi satu persatu guru yang jadi mitra kerja di sekolah, agar terjalin kedekatan sehingga apabila ada masalah yang timbul bisa segera di atasi”,kata DR.Iyus yang juga dikenal dekat dengan para Pendidik ini menjelaskan pula bahwa untuk tahun 2022 pemberkasan, tes calon Kepala Sekolah, Wawancara dan Diklat sudah tidak ada, diganti dengan adanya Guru Penggerak, Sekolah Penggerak. Sehingga calon Kepala Sekolah akan diambil dari di para Guru Penggerak yang berprestasi.”Mulai tahun depan kinerja Kepala Sekolah dinilai oleh Tim Disdikpora, jadi keberadaan Kepala Sekolah akan sangat menentukan nilai yang bersangkutan untuk lebih maju ke depannya.   

 Penyerahan dan Pembagian SK dilakukan oleh staf Sub Program Kepegawaian Dodo yang didampingi oleh Kasubag Nia, Alhamdulillah berlangsung dengan sangat tertib. Semua yang hadir sangat bersyukur, meski perjuangan panjang hampir 1 tahun menunggu menuju jenjang Kepala Sekolah sekarang waktunya diakui secara hukum. Posisi Kepala Sekolah yang memegang peranan kewenangan yang syah secara hukum, tanggungjawab dalam memajukan dunia Pendidikan, mengkondusifkan guru di sekolah masing-masing, serta menyamankan siswa belajar agar dapat dukungan yang positif dari masyarakat merupakan tugas berat yang harus diembannya.Tapi dengan keyakinan  kuat  masing-masing maka semangat yang membara demi pendidikan akan tetap dilanjutkan dengan baik.Sekitar pukul 15.00 acara pembagian SK selesai,semua pulang dengan membawa beban tanggungjawab untuk jadi seorang pemimpin sekaligus Manager yang dapat membawa Pendidikan kearah yang lebih baik, Semoga semua Kepala Sekolah yang telah menerima SK dapat jadi Kepala Sekolah yang Barokah, tauladan, dan Amanah.
     

 Penulis (Rasimun/Tim SR)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *