SMPN 2 Padaherang

SDN 1 Mekarsari Mendapat Bantuan DAK

  • Bagikan


SR Pangandaran    

   Di tahun 2021 SDN 1 Mekarsari Desa Mekarsari Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran Jawa Barat, mendapatkan rehabilitasi ruang kelas sebanyak 3 lokal. Bantuan tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) bersama dengan beberapa SD yang lain yang ada di wilayah Kordinator Wilayah (Korwil) Disdikpora Kecamatan Cimerak. Dana sebesar Rp.339 juta tersebut diperuntukan rehab kelas yang sudah beberapa tahun hampir tidak berfungsi dan apabila ada gempa ruangan belajar anak-anak tersebut sangat membahayakan. Dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan belajar siswa dan semangat mengajar para guru.    

  SDN 1 Mekarsari merupakan sekolah inti yang berada di Dusun Citelu Desa Mekarsari Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran. Sekolah yang dibangun pada tahun 1977 ini memiliki lahan tanah seluas 2800 m2, merupakan sekolah terbanyak jumlah siswanya untuk di wilayah Desa Mekarsari. Lokasi sekolah sangat strategis berada disisi jalan raya Kabupaten. Untuk menuju akses sekolah bisa dilalui dari tiga arah, dari Cimerak menuju Desa Sindangsari dan langsung ke jalan Citelu, dari arah Kertaharja menuju jampang dan langsung ke Citelu, bisa juga dari arah Desa Sindangsari menuju Cisalam langsung ke Citelu.
     

Dengan demikian semua siswa yang bersekolah di sekolah ini lancar apalagi sarana jalan sudah bagus, tidak ada kendala. Hanya untuk beberapa tahun ke belakang sekolah ini bangunannya sudah kurang aman untuk belajar. Alhamdullilah tahun ini usulan rehab ruang belajar dipenuhi oleh Pemerintah melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kabupaten Pangandaran. Saat ini pembangunan rehab kelas masih berjalan dan ditargetkan 3 bulan selesai sehingga ruang kelas dapat dipergunakan kembali untuk kegiatan proses belajar mengajar. Sedangkan 3 lokal lainnya sudah rampung beberapa tahun lalu.  

    Sekolah dengan Visi ’Terwujudnya Sekolah Unggul Dalam Prestasi, Budaya Bersih serta menjungjung tinggi nilai budi pekerti untuk mencerdaskan anak bangsa”, yang di Kepalai oleh Dede Sutisna,S.Pd serta dibantu oleh 4 orang PNS, 3 orang guru honorer dan 1 orang penjaga honorer. Kepala Sekolah yang rumahnya sangat jauh dari sekolah sekitar kurang lebih yang berjarak 15 km ini, selalu datang di awal pagi. Jarak yang sangat jauh namun tidak menyurutkan semangatnya untuk bertugas. Disiplin yang tinggi semangat kerja yang kuat merupakan Insfirasi bagi rekan-rekan guru untuk dijadikan contoh positif. Hasilnya banyak kejuaraan yang diraih oleh Sekolah tersebut. Bahkan beberapa tahun yang lalu salah seorang siswa yakni Yosef Nugraha pernah menjuarai MTQ tingkat Kabupaten Pangandaran. Sebuah prestasi yang luar biasa.” selalu menekankan belajar ilmu pengetahuan dan agama islam pada siswa agar kemampuannya seimbang”, begitu kata Edi sebagai guru agama di Sekolah tersebut.      

Pembangunan rehabilitasi ruang kelas ini bukan swakelola namun dilakukan oleh CV  Lodra Persada dari  Parigi  dan dikerjakan oleh para pekerja yang sudah propesional. Ketelitian dan kehati hatian dalam pekerjaan merupakan modal pokok karena ruang kelas ada kaitannya dengan keamanan dan kenyamanan belajar siswa juga bagi guru saat mengajar. Semangat bekerja untuk membuat sekolah ini lebih baik lagi terlihat dari semangatnya para guru saat bekerja.” semangat bekerja untuk semua dan kehati-hatian dalam pekerjaan akan mendapat hasil yang maksimal, itulah tujuan pihak sekolah”,kata salah seorang pekerja.      

 Pada masa Pandemi ini sekolah tersebut beberapa bulan yang lalu menggunakan belajar sistim Daring dan saat ini mulai belajar tatap muka, dengan tetap memberlakukan Protokol Kesehatan yang sangat ketat baik guru maupun bagi siswa-siswi selalu pakai masker, selalu jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun. Semua fasilitas tersebut sudah disiapkan oleh pihak sekolah dan sekolah juga selalu mengadakan pembinaan tentang perlunya pencegahan covid-19. Dengan aturan yang ketat dan diharapkan proses pembelajaran tetap berlangsung serta hasilnya memuaskan.      

  Dengan adanya rehabilitasi kelas maka ke depan ketenangan belajar siswa dan mengajar guru lebih aman, dan insya Alloh terjamin. Sekolah yang megah, halaman sekolah yang bersih dengan tanaman hijau di sekitar, sekolah yang asri merupakan dambaan setiap sekolah. Diharapkan ke depan SDN 1 Mekarsari setelah rehabilitasi selesai akan lebih meningkatkan belajar siswa dan lebih jauh dapat meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Kabupaten Pangandaran. Semoga SDN 1 Mekarsari jadi sekolah yang terdepan dalam setiap prestasi, ucapnya.      

  Penulis ( Rasimun)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *