SMPN 2 Padaherang

Korwil DisdikPora Kecamatan Cimerak Gelar Pasanggiri dan Sastra Sunda

  • Bagikan


SR Pangandaran    

  Bertempat di SDN 1 Masawah yang terletak di Desa Masawah Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran Jawa Barat, melalui Kordinator Wilayah (Korwil) menyelenggarakan Pasanggiri dan Sastra Sunda. Kegiatan ini dilaksanakan meskipun dalam masa Pandemi, namun pemberlakuan Protokol Kesehatan yang ketat tetap diperlakukan. Pasanggiri ini dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Pangandaran yang ke 9 juga mencari bibit unggul pada kemampuan siswa di bidang sastra, menulis dan bicara.Suatu kegiatan yang perlu terus dilestarikan agar siswa dapat memposisikan dan melestarikan budaya sebagai orang sunda di daerahnya sendiri dengan baik.  

    Pada upacara pembukaan lomba yang diikuti oleh seluruh peserta lomba yang terdiri dari 34 Sekolah Dasar yang ada di lingkungan Pendidikan Kecamatan Cimerak, acara ini juga dihadiri oleh Korwil Disdikpora Kecamatan Cimerak Suhman S.Pd, Pengawas TK/SD Joko dan Hj OtihS.Pd, M.Pd, K3S SD Kecamatan Cimerak Dede Sutisna S.Pd, Ketua PGRI Cabang Cimerak Sahlan S.Pd.I, beserta para Kepala Sekolah, guru dan juga para siswa. Pada sambutannya Ketua K3S yang juga sebagai Ketua Penyelenggara menyebutkan, bahwa kegiatan Pasanggiri dan Sastra Sunda ini melombakan tujuh (7 ) mata lomba, diantaranya Borangan, Biantara, Pupuh, Dongeng, Aksara Sunda, Sajak dan Carpon.”kegiatan ini juga dalam rangka mencari bakat, minat siswa, dan guru dalam menggunakan bahasa dan sastra Sunda yang baik dan benar”, ujar Dede Sutisna dalam laporannya. Pada upacara tersebut disematkan pula id Car kepada para perwakilan peserta lomba. Dan kegiatan ini juga dibuka langsung oleh Korwil Disdikpora Kecamatan Cimerak.    

  Kegiatan pasanggiri itu diikuti oleh para peserta Putra dan Putri dari setiap sekolah, kecuali mata lomba Borangan khusus hanya diikuti oleh para guru atau Kepala Sekolah. Pada lomba tersebut para peserta lomba dan guru Pembimbing kelihatanya sangat antusias apalagi kegiatan ini baru dilaksanakan setelah masa Pandemi agak berkurang meskipun belum kembali normal. Namun kegiatan lomba tetap dilaksanakan yang bertempat di ruangan kelas di SDN 1 Masawah, sedangkan Lomba Pupuh dilaksanakan di aula Desa Masawah, suara melantunkan pupuh dari para peserta seolah-olah membangunkan kembali sebagai warga Jawa Barat yang umumnya orang sunda untuk lebih mencintai dan melestarikan budaya sunda semoga para siswa agar lebih baik lagi.”Terharu saat mendengarkan lantunan Pupuh dari para siswa, inilah kelebihan orang Jawa-Barat”, kata seorang Pembimbing Dadang salah satu guru dari SDN 4 Mekarsari.    

   Kegiatan pasanggiri ini akan selesai pukul 12.00 dan sambil menunggu pengumuman para siswa dan guru pembimbing beristrirahat sejenak di sekitar tempat lomba. Untuk para juara akan diikut sertakan di pasanggiri tingkat Kabupaten Pangandaran yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 23 Oktober 2021. Pada pasanggiri tersebut untuk lomba Borangan tampil 3 dan 4 Guru. Kepala Sekolah yaitu Jaja Jahidin Kepala SDN 4 Kertaharja dan Jajang Mulyadi Kepala SDN 2 Sindangsari, dan Agus Hamdani Kepala SDN 1 Ciparanti, sedangkan dari Guru Iin, Agung Anggara, Abdul Kholik, dan Asep M Fauzi.”Tanpa berpikir panjang, siap menjadi komedian dan semoga bisa membuat para penonton tertawa”kata Jajang Mulyadi peserta lomba Borangan yang juga Kepala SDN 2 Sindangsari, yang ternyata sangat mahir jadi pelawak. Alhamdulillah lomba asanggiri ini sangat meriah karena semua merasa tanggungjawab dan saling memiliki bakat berbahasa dan bersastra Sunda.    

  Setelah dilakukan penilai oleh tim panitia lomba maka diputuskan para juaranya, Juara 1 Borangan yaitu Jaja Jahidin Kepala SDN 4 Kertaharja, dan Putri Delis, juara Biantara Putra M.Azam Fawaz dari SDN 1 Masawah, dan Putri Daliah Nurilpuadah dari SDN  3 Masawah.Juara  Pupuh Putra Fahri Algifari dari SDN 1 Sindangsari dan Putri Aisah Nur dari SDN 4 Sindangsari.Juara Dongeng Putra Teguh Purnama dari SDN 1 Kertaharja, dan Frasiska dari SDN 1 Legokjawa. Juara Aksara Sunda Putra Aldi Hoeruman Azam dari SDN 5 Sindangsari, dan Putri juga dari SDN 5 Sindangsari. Juara sajak Putra Agni dari SDN 4 Sindangsari dan Putri Shopy Silviani dari SDN 1 Ciparanti, dan lomba Carpon Juara 1 Fredi Fratama dari SDN 1 Masawah dan Putrijya Intan dari SDN 1 Mekarsari.

Para juara Putra dan Putri tersebut akan diikutsertakan pada lomba tingkat Kabupaten.”Semoga akan tetap jadi juara, dengan persiapan yang matang”,kata Jaja Jahidin Juara 1 Borangan atau stand up Comedi yang juga Kepala SDN 4 Kertaharja tersebut.       Setelah pukul 12.00 siang lomba pasanggiri selesai dan pembagian piala langsung dibagikan kepada para Juara 1,2 dan 3 dari tiap mata lomba. Dan akan diikutsertakan ditingkat Kabupaten nanti hanya para Juara 1 saja Putra dan Putri dari tiap mata lomba. Lomba Pasangiri ini juga langsung ditutup oleh Korwil  sekaligus memberikan piala kepada para Juara. Alhamdulillah Pasanggiri berlangsung sangat meriah dan semua berharap Pasanggiri seperti ini dapat dilaksanakan kembali di masa yang akan datang setiap tahunnya. Semua menerima hasil Pasanggiri tersebut dengan lapang dada. Kalah ataupun Menang soal biasa dalam setiap perlombaan. Semoga ke depan lebih baik lagi dan PGRI Cimerak jadi yang terdepan pada setiap kegiatan dan prestasi yang akhirnya menuju Pangandaran Juara.
     Penulis (Rasimun)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *