SMPN 2 Padaherang

2 Sekolah Dasar Gelar Syukuran Kelulusan Siswa di Masa Pandemi

  • Bagikan


SR Pangandaran – Merayakan kelulusan sekolah merupakan budaya turun temurun, meskipun demikian hal ini tidak boleh berlebihan, acara syukuran ini diisi dengan cara yang positif, apalagi situasi saat ini masih dalam Pandemi Covid-19, sehingga hanya beberapa siswa-siswi Sekolah Dasar yang berasal dari SDN 2 Paledah, dan SDN 3 Paledah merayakan kelulusan dengan protokol kesehatan dan perayaan yang sangat sederhana yakni ” Botram” dan makan nasi tumpeng bersama beberapa guru, beberapa orang tua, dan Kepala Sekolah, makan bersama ini diselenggarakan pada hari Selasa tanggal (15-06-2021). Bertempat di masing-masing sekolah.

Acara syukuran yang dirayakan ini adalah kegiatan inisiatif orangtua siswa untuk membalas jasa kebaikan para guru selama mendidik anak-anak tersebut, karena dimasa Pandemi acara digelar sangat sederhana tak seperti biasanya, pada waktu pelaksanaan perpisahan atau perayaan kelulusan siswa ditahun sebelum Corona. Botram dan makan nasi tumpeng bersama dengan sajian ala kadarnya ini sangat terasa kebersamaan nya, antara pihak sekolah dengan masyarakat, acara ini yang kemudian dilanjutkan dengan pengalungan medali atau penyerahan bukti kelulusan pada siswa.

Siswa-siswi dari masing-masing sekolah sangat merasa senang karena didetik-detik terakhir bersekolah bisa berkumpul bersama lagi, acara ini juga akan menjelaskan, betapa mulia nya kegiatan dilakukan bersama para orang tua murid dan para guru-guru yang sangat luar biasa ini, semoga tujuan makan nasi tumpeng ini juga dapat menjadi kebersamaan bukan menjadi awal untuk berpisah, serta dapat menghilangkan rasa haru yang mendalam, apalagi acara ini dapat menjadi contoh di mata masyarakat tentang perayaan kelulusan siswa sekolah di masa Pandemi.


       Dijelaskan oleh Aep Saeful Anwar, S.Pd selaku kepala sekolah dua SDN tersebut, mengatakan bahwa anggaran yang digunakan untuk pelaksanaan makan nasi tumpeng tersebut berasal dari para orangtua siswa. Selanjutnya para orangtua siswa membawa nasi tumpeng lengkap bersama lauk-pauk nya, untuk dimakan bersama-sama. Aef juga mengungkapkan rasa terimakasih dan rasa senangnya kepada semuanya dengan kegiatan ini, semoga setelah lulus dari sekolah ini, para siswa dapat melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi lagi untuk menggapai cita-cita yang kalian dambakan, mulai dari awal rajin beribadah sehingga rajin pulalah bersekolah. Untuk memberikan yang lebih bermanfaat kepada orangtua, Nusa, dan Bangsa,” katanya.
     Penulis (SR02)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *