Iklan

Maqom Syekh Mohammad Sanusi, Wisata Religi Desa Langensari di Kota Banjar

SR Kota Banjar

        Sebuah maqom Syekh Mohammad Sanusi yang berada di Desa Langensari ini, kini telah menjadi salah satu tempat wisata sejarah sekaligus menjadi tempat untuk berziarah yang sangat terkenal di wilayah Desa Langensari Kota Banjar, Jawa Barat.

        Alhamdulillah tempat ini sudah terkenal sampai ke berbagai daerah seperti Kabupaten Ciamis, Tasikmalaya, Bandung, bahkan hingga ke luar Jawa Barat. Konon, Syekh Mohammad Sanusi dahulunya adalah salah satu seorang tokoh pemuka Agama Islam yang berada di Desa Langensari.

         Makam Syekh Mohammad Sanusi yang berada di Desa Langensari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar ini, perlu segera dikembangkan sebagai tempat daerah potensi wisata religi. Pasalnya, dalam seharinya, maqom tersebut selalu banyak dikunjungi oleh para penziarah dari luar Kota. 

         Hingga sekarang, banyak Masyarakat yang menganggap bahwa maqom tersebut termasuk, salah satu dalam maqom keramat yang dipercayai, tempat ini banyak menyimpan berkah dan karomah, bagi pengunjung yang dapat mengambil hikmahnya dari sisi perjuangan para penyebar agama Islam tersebut seperti halnya maqom para wali yang ada di daerah lainnya.

         Menurut Ketua Yayasan As-Sanusiah, Ahmad Sangidun, yang juga salah satu cucu Syekh Mohammad Sanusi, mengatakan bahwa pihaknya sampai saat ini belum melakukan penataan ke arah itu, terkait penunjang potensi bagi wisata ziarah.”Alhamdulillah, tidak kurang dari 5000 peziarah setiap Khaul selalu tertampung, meski harus antri bergantian. Maqomnya berada tepat di belakang Mesjid yang di dalamnya terdapat maqom Syekh Sanusi, kita sedang membangun Mesjid lagi,” katanya.

        Penulis dan Editor (Ajat Sudarjat/SR)

Exit mobile version