Iklan

Upacara Pramuka di Kecamatan Cimerak Berlangsung Lancar 

SR Cimerak 

        Penyelenggara upacara hari lahirnya Pramuka yang ke 62, di Kecamatan Cimerak, alhamdulilah berlangsung lancar, yang bertempat dihalaman kantor Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Pada hari Senin, tanggal 14 Agustus, tahun 2023. Semua kantor dan Lembaga Pendidikan serta lainnya yang berada di Indonesia, juga pada tanggal tersebut melaksanakan upacara, pada pelaksanaan tahun ini di Kecamatan Cimerak dihadir oleh Camat Cimerak, Trisnadi Kholik M.Pd, Sekmat Tedi Sopyan S.Pd, Danramil Cijulang, Kapolsek Cimerak, Kepala Puskesmas Cimerak dan Legokjawa, serta Kepala KUA, MUI, para Kepala Sekolah, juga Kepala Desa, beserta unsur lainnya. Semua bersatu memperingati hari Pramuka, sekaligus mengenang pendiri Pramuka Baden Fowwel juga memperkuat kebangsaan. Lokasi yang sempit karena, lokasi kantor Kecamatan masih belum memadai karena rusak akibat usia bangunan yang sudah lama, tapi tidak menyurutkan semangat untuk melaksanakan upacara memperingati hari lahirnya Pramuka.

        Pada kegiatan tersebut sebagai petugas upacara yaitu dari berbagai unsur terutama dari MtS Negeri 2 Pangandaran, pengurus PGRI dari SLA dan SD. Pada sambutannya selaku pembina upacara Camat Cimerak Trisnadi membacakan sambutan dari Ketua Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Pangandaran. Pada sambutan tersebut dijelaskan tentang manfaat dan kegunaan Pramuka salah satunya membentuk rasa “Cinta Tanah Air dan Kebangsaan”, salah satu bukti oleh Pemerintahan Kabupaten Pangandaran yang Cinta akan Pramuka adalah dengan terbitnya Perbup No 43 Tahun 2022 tentang diwajibkannya setiap tanggal 14 semua Pegawai mengenakan seragam lengkap Pramuka di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Pangandaran.”Alhamdullilah Pramuka kita masuk 10 besar LT tingkat Provinsi Jawa Barat, pada Lomba Tingkat beberapa bulan lalu”kata Camat.

        Dalam rangka menyambut Proklamasi yang Ke 78 sekaligus hari Pramuka yang Ke 62, semua warga Kecamatan Cimerak memeriahkannya dengan berbagai kegiatan-kegiatan, ada kegiatan Kasti yang diikuti oleh seluruh ibu-ibu PKK, Darma Wanita, PGRI, Kader Pos Yandu dan Masyarakat yang seneng pada pertandingan kasti, lalu ada pertandinagn Volly Ball, juga gerak jalan santai. Semua itu dilaksanakan di beberapa tempat di wilayah Cimerak. Setelah upacara Masyarakat mengadakan perlombaa-perlombaan dan semua yang menjadi peserta lomba ikut dengan senang, tidak ada persaingan yang tidak sehat, semua mengutamakan persaudaraan dan tentunya Kemerdekaan untuk semua. Pada upacara tersebut dinyanyikan juga lagu Kebangsaan Indonesia Raya, lalu Himne Pramuka dan lagu-lagu Perjuangan. Semua peserta upacara sangat bersemangat mengikuti upacara dengan sangat hikmad.

        Upacara dimulai pukul 0.8.00 wib dan berakhir sekitar pukul 09.30 wib, dilanjutkan dengan foto-foto bersama Camat dan jajarannya yang juga dilanjutkan lomba-lomba yang telah disediakan. Semua yang ditunjuk ikut perlombaan dan pertandingan mempersiapkan diri dan langsung menuju lokasi. Dengan adanya upacara Pramuka maka akan semakin kuat rasa kebangsaan cinta Tanah Air dan semangat juang yang tinggi untuk mengisi kemerdekaan. Semua merasa lega dan tetap semangat menyongsong Proklamasi dan tentunya hari lahir Pramuka, semoga semua sukses selalu, amin.

        Penulis dan Editor (Rasimun/SR)

Exit mobile version