Iklan

Serunya MPLS di SMPN Satu Atap 1 Sidamulih

SR Pangandaran

        MPLS singkatan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang khusus diperuntukkan bagi siswa-siswi baru yang telah lulus dari Lembaga Pendidikan, salah satunya dari Sekolah Dasar (SD). Kegiatan ini diperlukan dalam rangka orientasi rutin setiap tahun bagi siswa siswi yang telah diterima di salah satu Lembaga Pendidikan, tepatnya di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Satu Atap (Satap) 1 Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. MPLS ini diselenggarakan pada awal siswa siswi masuk Sekolah, tepatnya pada hari Senin, tanggal 17 Juli, tahun 2023. Kegiatan MPLS ini sesuai dengan Visi dan Misi Sekolah yakni”Terwujudnya Generasi Pembelajar Sepanjang Hayat Yang Berprestasi, Berkarakter, Berwawasan Lingkungan dan Wisata”.

       Sesuai dengan judul yang diambil tentang serunya (MPLS) Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, hanya di SMPN Satu Atap 1 Sidamulih, yuk kita telusuri keseruan apa saja yang ada pada kegiatan pertama masuk Sekolah ini, seperti Sekolah sekolah kebanyakan lainnya, di Satap ini pun para panitia MPLS juga melakukan pengenalan program program Sekolah, diantaranya pengenalan sarana dan prasarana Sekolah yang telah ada, hingga keseruan untuk mengenalkan tata cara penanaman konsep belajar yang efektif, selain pengenalan diri, juga ada pembinaan Kultur budaya yang telah ditetapkan di Sekolah ini.

         Pelaksanaan MPLS di tahun pelajaran 2023-2024 ini diselenggarakan dalam bentuk kegiatan pada umumnya yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Kabupaten Pangandaran, yaitu kegiatan yang bersifat edukatif, menarik, dan kreatif, guna mewujudkan Sekolah yang berwawasan lingkungan belajar yang nyaman bagi mereka. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) ini dilaksanakan selama tiga hari yang dimulai pada tanggal 17 Juli, yang juga serentak dilaksanakan oleh seluruh Sekolah, tak terkecuali juga sama halnya yang dilaksanakan oleh SMPN Satu Atap 1 Sidamulih ini. Alhamdulillah dengan jumlah murid baru sebanyak 78 orang, meskipun terletak di atas puncak, Satap ini merupakan satu-satunya Sekolah favorit bagi Masyarakat Desa Kalijati, merupakan sebuah Desa yang penuh dengan panorama yang indah, di wilayah Kabupaten Pangandaran.

        Kepala SMPN Satu Atap 1 Sidamulih, Lilis M.Pd, mengatakan alhamdulilah dalam tahap MPLS kali kemarin telah dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah dijadwalkan, tahapan demi tahapan dilaksanakan secara edukatif ini sehingga peserta didik yang baru saat memasuki tahap awal pada pengenalan lingkungan Sekolah yang baru itu merasa nyaman dan menyenangkan. Pelaksanaan MPLS berlangsung selama tiga hari, Senin, Selasa, dan Kamis, (17, 18, dan 20 Juli tahun 2023), selanjutnya para siswa akan dibekali beberapa materi diantaranya 

1. Wawasan Wiyata Mandala 

2. Kesadaran Berbangsa dan.        Bernegara 

3. Kepramukaan 

4. Pembinaan Mental 

5. Belajar Efektif 

6. Pengenalan Kurikulum dan P5

7. Pendidikan Karakter 

8. Tata Krama Siswa 

9.  Sekolah Ramah Anak

10. Sekolah Sehat

11. Sekolah Anti Bullying

        Pada pengenalan MPLS ini semua siswa siswi wajib mengenakan seragam dan atribut asal Sekolah masing-masing. Pada kesempatan itu juga Lilis menjelaskan kepada semua peserta didik yang baru tentang kegiatan MPLS ini, semoga tidak ada unsur negatif ataupun yang membeda bedakan antar siswa, alhamdulilah semua diperlakukan sama dengan perhatian penuh sehingga mereka bisa melakukan kegiatan ini dengan perasaan yang nyaman dan senang. Untuk  jumlah kelas VII sebanyak 3 ruangan belajar, ucapnya.

    Penulis dan Editor (Tim Satap/SR)

Exit mobile version