Iklan

Peningkatan Jalan Hayawang-Rajadesa, di Sambut Baik Oleh Masyarakat

SR Ciamis 

        Pekerjaan Proyek Peningkatan Jalan Hayawang – Rajadesa yang sedang dilaksanakan oleh CV. AGUSTINA ini sesuai dengan standar keselamatan pekerja dimana para pekerja dibekali Alat Pelindung Diri Keamanan Keselamatan Kesehatan Konstruksi (APD K3).

        Pekerjaan ini merupakan upaya Pemerintah Daerah untuk memaksimalkan kemantapan jalan Kabupaten yang masih rusak ringan maupun yang telah rusak berat saat ini. Melalui Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Ciamis, melakukan rekonstruksi dan peningkatan jalan salah satunya peningkatan Jalan antara Hayawang-Rajadesa.

       Terkait hal ini Masyarakat Desa yang terlewati oleh pekerjaan tersebut, alhamdulilah merasa bersyukur dan sangat antusias menyambut baik pembangunan peningkatan jalan Hayawang – Rajades, pasalnya penantian yang cukup panjang dan lama ini telah dirasakan oleh Masyarakat saat menanti kapan yah dimulainya perbaikan jalan tersebut, alhamdulilah kini peningkatan jalan tersebut sudah direalisasi oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis.

       Proyek peningkatan jalan antara Hayawang – Rajadesa yang berlokasi di Kecamatan Kawali, Jatinegara, dan Kecamatan Rajadesa ini dikerjakan oleh pihak ketiga dengan nilai kontrak sebesar Rp 11.178.126.000,- (Sebelas Milyar Seratus Tujuh Puluh Delapan Juta Seratus Dua Puluh Enam Ribu Rupiah) yang sumber anggarannya berasal dari Bantuan Keuangan (BanKeu) dari Pemerintah Propinsi Jawa Barat tahun Anggaran 2023.

       Pantauan dari media online Surya Rengganis News.com dilapangan, pada hari Selasa, tanggal 08 bulan Agustus, tahun 2023, alhamdulilah pihak CV sangat memperhatikan para pekerja dengan sangat disiplin, pihak pelaksana menggunakan APDK3, menurut Budi sumber yang akurat saat ditemui di lapangan yang merupakan perwakilan dari CV ini mengatakan kepada awak media bahwa 

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin agar pelaksanaan peningkatan jalan antara Hayawang – Rajadesa ini bisa berjalan dengan lancar dan menghasilkan kualitas maupun kuantitas yang baik.

        Insya Allah pekerjaan ini akan sesuai dengan spesifikasi dan metode yang tercantum didalam dokumen kontrak, alhamdulilah saat pelaksanaan proyek ini, kami dari pihak CV senantiasa melibatkan warga sekitar demi untuk memberdayakan Masyarakat dan kami pun dari pihak perusahaan tetap untuk menggunakan APDK3 bagi para warga yang ikut melaksanakan proyek peningkatan jalan ini′, katanya, pada hari Selasa, tanggal 08, bulan Agustus, tahun 2023, di lokasi.

       Salah satu tokoh Masyarakat H. Agus (58) tahun, yang merupakan warga sekitar pun menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis, melalui pihak pengelola dengan adanya pembangunan jalan ini hingga terasa lebih nyaman saat melintasi akses tersebut, alhmadulilah jalan telah diperbaiki dan warga pun akan selalu mendukung terhadap pembangunan dan perbaikan jalan, terlihat kegembiraan dari warga yang sukarela membantu para pekerja ini menyuguhkan minuman dan makanan. Kami seluruh Masyarakat disini sangat gembira, dan sepakat akan merayakannya setelah selesai pengerjaan proyek jalan ini, kita akan secepatnya menggelar syukuran.

       Sebelum adanya perbaikan jalan, banyak warga yang mengeluh tentang buruknya sarana tranportasi warga tersebut, sebab jalan ini merupakan akses Kabupaten yang produktif digunakan oleh Masyarakat untuk berbagai kegiatan, seperti usaha, dan aktivitas lainnya. Alhamdulillah dengan adanya perbaikan, jalan ini sangat berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi Masyarakat, dengan transportasi yang nyaman saat pengangkutan hasil bumi, kendaraan yang melintas pun menjadi lancar “ngageuleseur”tidak ada kendala sehingga pengangkutan hasil dagangan pun semakin cepat dan lancar.

       Tak lupa juga ucapan terima kasih kepada Camat Kawali, Camat Jatinegara, dan Camat Rajadesa, yang merupakan tokoh utama dalam mendorong aspirasi Masyarakat untuk pembangunan jalan tersebut, juga ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis, melalui Kepala Dinas DPUPRP atas terealisasinya pembangunan jalan ini.

       Di tempat terpisah Camat Jatinegara, Dadang Heriyan, salah satu penerima manfaat dari proyek jalan tersebut, saat di hubungi awak media juga mengucapkan rasa bersyukur dengan adanya proyek peningkatan Jalan antara Hayawang – Rajadesa di wilayah kerjanya ini, kedepan diharapkan proses mobilisasi khususnya transfortasi akan lebih lancar dan efektif serta dapat di tempuh dalam waktu relatif singkat dan cepat, sehingga akan sangat membantu pertumbuhan ekonomi warga yang semakin meningkat.

       Kepala Bidang Bina Marga, Nono Warsono, ST, MM, berharap pekerjaan peningkatan jalan tersebut mampu meningkatkan produktivitas perekonomian Masyarakat. Dengan dibangunnya jalan tersebut dapat juga meningkatkan usaha rakyat kecil lainnya, yang berdampak terhadap peningkatan taraf hidup, ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya pada Selasa (08/08/2023). Pekerjaan peningkatan jalan ini, harus benar-benar mendapat dukungan dari berbagai pihak, utamanya dari Masyarakat sekitar. Selain itu jalinan Komunikasi dan Koordinasi terhadap Masyarakat, Instansi terkait, maupun penyedia jasa serta semua yang terlibat dalam pekerjaan harus terus terjalin agar terbangun kesepahaman demi lancarnya pekerjaan ini. Nono juga meminta maaf, setiap pekerjaan kontruksi pasti akan terdampak, sehingga rutinitas terganggu, untuk meminimalisir hal itu, solusinya perbanyak istiqomah, dan terus jalin komunikasi, ucapnya.

     Penulis dan Editor (Ajat Sudarjat/SR)

Exit mobile version