Iklan

Muliakan Anak Yatim, SMPN 1 Pangandaran Gelar Muharram Berbagi 

SR Pangandaran

        Perayaan mulia dibulan Muharram merupakan bagian dari yang telah disunnahkan oleh Rasulullah shalaulahu alaihi wassalam kepada seluruh umat islam, yang bertujuan untuk menambah nilai ibadah maupun nilai kebaikan kebaikan lainnya, salah satunya dengan “Berbagi Santunan” kepada anak yatim di SMPN 1 Pangandaran, Jawa Barat. Dengan penuh semangat pihak Sekolah dibulan Muharram ini melalui Dompet Peduli Anak Yatim nya, melaksanakan program “Berbagi di Bulan Muharram” guna memuliakan Anak Yatim dengan santunan, dan berkomitmen akan selalu memberikan santunan setiap tahunnya kepada anak anak didik yang telah ditinggalkan oleh orangtuanya, maupun yang ditinggalkan wafat atau telah meninggal Dunia.

        Pada kesempatan yang mulia ini, pihak Sekolah bersama dengan Dompet Peduli Anak Yatim ini  menggelar acara “Muharram Berbagi”, acara yang berbahagia ini bertepatan dengan tanggal 10 Muharram 1445 H, acara “Berbagi Santunan” ini dilaksanakan pada hari Jum’at, tanggal 28 Juli yang bertepatan 10 Muharram, dimana hari tersebut merupakan hari yang mulia, “Muharram Berbagi” ini dilaksanakan dihalaman Sekolah. Rangkaian acara diawali dengan rutinitas seperti biasa para siswa lakukan di setiap hari Jum’at yakni Yasinan, Salat Dhuha, yang dilanjutkan dengan “Berbagi Santunan” anak anak Yatim yang merupakan siswa siswi di SMP Negeri 1 Pangandaran. Kemudian pada rangkaian acara berbagi santunan anak yatim ini merupakan inisiatif pihak Sekolah, dan Insya Allah akan rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

        Dengan adanya kepedulian terhadap anak Yatim ini, semoga SMPN 1 Pangandaran menjadi barokah, karena ini merupakan kegiatan yang paling mulia, namun hanya khusus di bulan Muharram saja. Alhamdulillah “Berbagi Santunan” ini telah berjalan selama tiga tahun, dan ini merupakan berbagi santunan anak anak Yatim yang ketiga kalinya, mudah mudahan Allah Subhana Wataalla memberikan hidayah pada penyelenggaraan yang mulia di bulan Muharram ini yang bertepatan di tanggal 10 Muharam 1445 H, yang dilaksanakan dihalaman Sekolah. Sebanyak 61 anak yatim yang berasal dari SMPN 1 Pangandaran ini merupakan siswa dari semua kelas. Tak lupa juga dengan doa yang dipanjatkan berharap berbagi santunan ini dapat bermanfaat untuk para siswa Yatim.

         Kepala SMPN 1 Pangandaran Endang Suherman, S.Ag, juga menyampaikan bahwa istilah Dompet Peduli Anak Yatim ini merupakan gagasan bersama oleh pihak Sekolah yang khusus diselenggarakan pada bulan Muharram, disetiap tahunnya, ditanggal 10 Muharram 1445 H. Endang juga menyampaikan ucapan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah Subhana Wataalla, sehingga timbul rasa senang saat memberikan santunan yang mulia ini kepada anak anak didiknya. Ia berharap “Berbagi Santunan” ini sedikit banyaknya dapat meringankan beban para anak yatim, juga memberikan manfaat bagi lingkungan disekitarnya. Semoga kegiatan ini terus berlanjut, aminn.

      Penulis dan Editor (Tim SMPN/SR)

Exit mobile version