Iklan

Perpisahan Siswa Kelas VI dan Kenaikan Kelas I – V di SDN 1 Pagergunung, Semarak di Warnai “Mamang Lengser”

SR Pangandaran 

       Satuan Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Pagergunung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Alhamdulillah telah menyelenggarakan acara rutin setiap tahunnya yakni perpisahan dan kenaikan kelas siswa, yang berlangsung pada hari Kamis, tanggal 22 Juni, tahun 2023. Bertempat di depan halaman Sekolah, acara ini berlangsung sangat meriah yang disemarakan oleh seni tradisional (Upacara Adat) “Mamang Lengser” sampai sungkeman serta pertunjukan seni lainnya, acara ini juga diakhiri dengan menyanyikan lagu perpisahan murni di nyanyikan oleh anak-anak didik dari SDN 1 Pagergunung, mulai dari kelas I sampai kelas VI secara bergantian.

        Kemeriahan pada saat acara yang spektakuler yakni perpisahan dan kenaikan kelas siswa ini digelar didepan halaman SDN 1 Pagergunung, perpisahan dan kenaikan ini juga di hadiri oleh Kepala Desa Pagergunung, pengurus Komite Sekolah, Korwil Disdikpora Kecamatan Pangandaran, para orangtua siswa, Kepala Sekolah, para guru guru, dan para staf TU, juga terlihat ada beberapa Kepala Sekolah dari SDN lain di wilayah Kecamatan Pangandaran yang hadir, serta tokoh Masyarakat setempat hadir, untuk menyaksikan langsung tampilan tampilan dari anak anak didik SDN 1 Pagergunung. Selain itu ada pembagian raport bagi siswa kelas I -V,  juga aneka ragam kegiatan yang dipersembahkan oleh pihak Sekolah dan siswa antara lain. Pembagian hadiah, Padus Hymne Guru, Peleuleuyan, Salam Perpisahan, dan banyak lagi acara acara lainnya.

        Alhamdulillah di Tahun Ajaran 2022-2023 ini sebanyak 34 siswa siswi kelas VI dari SDN 1 Pagergunung semuanya lulus. Berbagai penampilan yang dipersembahkan oleh siswa tersebut tentunya sudah di persiapan sebelumnya secara matang, baik yang diajarkan oleh guru maupun sport dari para orang tua wali murid. Kepala Desa Pagergunung juga dalam kesempatan ini juga memberikan motivasi kepada siswa siswi khususnya kelas VI, yang akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi maupun siswa kelas lainya yang akan naik kelas agar terus bersemangat meningkatkan “Kwalitas Belajar” supaya menjadi anak anak yang berprestasi yang mampu membawa nama baik Sekolah di Kabupaten Pangandaran khususnya di Pagergunung.

        Di samping itu juga Kepala SDN 1 Pagergunung Herdin, berpesan kepada para orangtua siswa agar jangan merasa jenuh untuk selalu mengawasi Putra Putrinya saat diberada rumah, maupun di mana saja berada, apalagi ketika menggunakan HP Android, jangan dibiarkan begitu saja, di takutkan akan menggangu konsentrasi belajar pada anak, apalagi HP sangat berdampak buruk terhadap Kesehatan fisik maupun mental, jangan terlalu di bebaskan, karena Hp Android banyak tersedia aplikasi aplikasi yang tidak mendidik yang akan mempengaruhi mental anak, “untuk itu kami selaku pihak Sekolah menghimbau kepada semua anak anak selaku generasi penerus Bangsa harus mampu melanjutkan Pendidikan kejenjang berikutnya sampai setinggi tingginya menggapai cita cita, supaya menjadi orang yang sukses berbakti kepada orang tua, Agama, Bangsa dan  Negara.

        Kepala SDN 1 Pagergunung juga mengucapkan terima kasih khususnya kepada orang tua murid, Komite Sekolah, dan semua pihak yang telah dan turut mendukung acara perpisahan dan kenaikan ini, juga keberlangsungan dalam Kegiatan Belajar Mengajar siswa di SDN 1 Pagergunung ini, insya Allah Saya selaku Kepala Sekolah juga akan terus berupaya mempersembahkan yang terbaik untuk Sekolah kita, agar anak didik di Sekolah ini benar benar mendapatkan Pendidikan yang bermutu dan berkualitas hingga kelak bisa menjadi generasi penerus yang tangguh dalam mencapai prestasi, terangnya.

     Penulis dan Editor (Dsurya)

Exit mobile version