Iklan

Pentas Seni Mengiringi Pelepasan dan kenaikan Siswa di SMPN 5 Padaherang

 

SR Padaherang 

       Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 5 Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Menggelar acara perpisahan siswa kelas IX dan kenaikan kelas VII dan VIII tahun pelajaran 2022-2023, alhamdulillah anak didik yang berjumlah 105 orang ini dinyatakan lulus seratus persen. Acara perpisahan ini dilaksanakan  pada hari Kamis, tanggal 22 Juni, tahun 2023. Bertempat di halaman depan Sekolah. Pelepasan siswa-siswi ini diiringi dengan pagelaran seni tradisional “Mapag Panganten” yang dilakukan dengan adat budaya daerah Sunda yang disertai atau diiringi dengan pagelaran seni ‘Mamang Lengser” itu, berlangsung semarak dan penuh suasana gembira.

       Selain untuk menandai telah selesainya masa belajar di Sekolah, namun tata cara perpisahan dengan pagelaran adat ini bertujuan untuk melestarikan warisan budaya lokal, dalam hal ini budaya Masyarakat Sunda. Kepala SMPN 5 Padaherang, Dedi Prianto M.Pd yang didampingi oleh Ketua Komite Sekolah hadir di acara perpisahan ini sebagai mempelai untuk prosesi serah terima siswa dari Sekolah kepada orangtua siswa yang di wakili oleh Komite. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Desa setempat, beberapa Kepala SD Se-Desa Sukanagara, juga hadir tokoh Masyarakat bersama pengurus Komite.

        Pada kesempatan diacara perpisahan dan kenaikan kelas siswa. Dedi juga memberikan sambutan dan menyampaikan, bahwa pada tahun ini, SMPN 5 Padaherang melepas sebanyak 105 siswa siswi. Alhamdulillah pihak Sekolah juga sangat bersyukur dan bangga atas kekompakan para orang tua siswa dalam berkomitmen bersama Komite Sekolah, untuk melaksanakan acara perpisahan dan kenaikan kelas ini dengan lancar, aman, dan tentunya sangat berkesan mulai dari awal kegiatan sampai selesai.

        Ditambahkan pula oleh Dedi bahwa acara ini seluruhnya digagas oleh Komite Sekolah bersama para orang tua siswa, sedangkan pihak Sekolah hanya sebagai penyerta yang bertanggung jawab terhadap Sekolah, sehingga diacara ini hanya sebagai tamu undangan. Sebagai pamungkas Dedi juga mengatakan selama tiga tahun kalian sudah melaksanakan Pendidikan di SMPN ini, dan tidak terasa sampailah pada detik-detik akhir perpisahan. Acara ini juga diisi berbagai ragam kegiatan ada pentas seni tradisional, pengalungan medali buat siswa sebagai tanda pelepasan, juga ada pemberian piagam penghargaan bagi siswa berprestasi, dan pembacaan ayat ayat suci Alquran di awal pembukaan acara tadi.

       “Apapun itu, semoga dimasa yang akan datang para anak didik teruslah kalian bersemangat dalam belajar, sehingga akan menjadi orang-orang yang terbaik di Negeri ini. Di sesi akhir acara pihak Sekolah pun langsung membagikan raport untuk siswa kelas VII dan kelas VIII. Dedi juga berpesan kepada anak anak didik yang telah lulus maupun yang naik kelas untuk selalu rajin belajar, gapailah cita-citamu yang setinggi tingginya dengan jujur, sabar, dan barokah agar kalian dapat mencapai masa depan yang maslahat dan gemilang,” katanya.

       Penulis dan Editor (Dsurya)

Exit mobile version