Iklan

Sosialisasi SKP di SDN 1 Masawah

SR Cimerak 

        Bertempat di SDN 1 Masawah Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Pada hari Senin tanggal 16 Januari tahun 2023 pelaksanaan sosialisasi SKP(Sasaran Kinerja Pegawai) ini merupakan suatu keharusan untuk menilai setiap kinerja ASN, PNS, dan, P3K. Apalagi SKP sangat dibutuhkan mendadak untuk para ASN yang akan naik pangkat maupun memasuki masa Purnabakti. Tentu saja ASN lainnya juga sangat membutuhkan untuk dapat dilihat sejauh mana yang bersangkutan bekerja di Lembaga nya masing-masing.

       Peserta sosialisasi ini adalah semua para Kepala Sekolah yang berjumlah 34 Sekolah Dasar, Operator SD, dan CPNS guru tahun 2020. Untuk Sekolah yang ada CPNS 2020 tidak menyertakan Operator dalam kegiatan tersebut. Hadir pada kegiatan Korwil Pendidikan Kecamatan Cimerak Joko, M.Pd, Yayan Kasubag Kepegawaian Disdikpora, dan beberapa Staf juga hadir Sekretaris Badan Kepegawaian (BKPSDM) Soleh M.Pd dan staf nya, sebelum acara dimulai terlebih duhulu pengarahan oleh K3S SD di Wilayah Cimerak Dede Sutisna,”Kita berharap Sosialisasi SKP ini dapat berlangsung dengan lancar”, kata Dede, acara dimulai pukul 0.8.00 dibuka dengan sambutan Korwil yang menjelaskan tentang pentingnya SKP untuk semua ASN, SKP merupakan bukti otentik yang menjelaskan tentang kinerja ASN di tempat kerjanya masing-masing”, kata Joko.

       Penjelasan selanjutnya dilakukan oleh pihak Kepegawaian DisdikPora tentang SKP Online yang saat ini mulai diterapkan di setiap perangkat Daerah di Kabupaten Pangandaran juga di Indonesia secara umum. Penjelasan yang panjang lebar tentang SKP mengenai kriteria penilaian yang dilakukan oleh para Kepala Sekolah terhadap para guru di sekolahnya masing-masing, saat ini SKP langsung terkoneksi ke BKPSDM, itu sebabnya kehati-hatian dalam menilai sangat diutamakan”,kata Yayan. Wahyu juga dari pihak Kepegawaian ikut menjelaskan bagaimana presentasi nilai dan narasi yang dibuat untuk format penilaian. Penjelasan panjang lebar dilakukan oleh Sekban Soleh yang membahas tuntas dan sekali-sekali diselingi canda tawa agar tidak jenuh.

     Soleh yang awalnya berasal dari Pendidik juga sangat piawai dalam menjelaskan tentang SKP dan diharapkan selesai secepatnya, ”guru PNS dan P3K dinilai oleh Kepala Sekolah begitu juga sebaliknya Kepala Sekolah dinilai oleh Kepala Bidang SD, jadi semua diatur dalam Undang Undang,’ kata Sekban yang asli Kalipucang ini, meskipun selalu sibuk namun dapat menyempatkan waktunya ke Cimerak agar Sosialisasi SKP lebih maksimal. Cuaca yang panas dan masuk ke ruangan menjadikan ruangan begitu gerah, tapi semangat dan antusias peserta merupakan modal utama kelancaran kegiatan ini.

       Kegiatan ini berlangsung sampai pukul 15.00 wib dan menghasilkan beberapa kesimpulan diantaranya telah terlatihnya para peserta membuat SKP Online dan alhamdulilah langsung dipraktekan, untuk membuat SKP bagi guru-guru yang lain di Sekolah. Semua peserta merasa puas atas penjelasan SKP dari Sosialisasi tersebut. SKP sekarang tanpa ribet karena telah menggunakan aplikasi yang sederhana tapi bermutu, akhirnya semua pulang dengan membawa pencerahan tentang SKP dan akan disosialisasikan juga di Sekolah masing masing. Semoga kegiatan seperti ini dapat berlangsung tiap tahun.

     Penulis (Rasimun/SR)

Exit mobile version